Blog

Kriminalitas Medsos Tinggi, PMM Kelompok 9 UMM Sosialisasikan Bijak Medsos di SDN Jodipan

Untitled Image

 

Pengabdian Mahasiswa Masyarakat (PMM) merupakan kegiatan Pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang di canangkan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan harapan mahasiswa ikut ambil andil dalam mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kegiatan ini merupakan agenda yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa UMM dengan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) sebagai penyelenggara kegiatan ini.
Anggota kelompok 9 terdiri dari Ahmad Chaidar Isat, Erik Dwi Prasetya, Evinna Puspitasari, M. Firdaus Ibadi F., dan Nadiva Ayun A., yang dibimbing oleh Bapak Widianto S.T., M.T.,  selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).
Tahun 2020 sudah menjadi titik mulai perkembangan teknologi digital berkembang amat pesat, pandemi menjadi salah satu faktor mengapa teknologi dapat berkembang sangat pesat, terutama pada usia dini, penggunaan gawai yang berlebihan dapat menimbulkan rasa candu yang bisa mengakibatkan pengguna mengalami rasa malas dalam melakukan kegiatan lain dan kemungkinan meningkatkan angka kriminalitas di indonesia, maka dari itu Kami Mahasiswa PMM kelompok 9 Universitas Muhammadiyah Malang Gelombang 2 Tahun 2024 melaksanakan kegiatan sosisalisasi Bijak Media Sosial di SDN Jodipan, Kota Malang. dengan harapan nantinya siswa siswi penerus bangsa ini terhindar dari tindak kejahatan kriminal dalam bermedia sosial.
Untitled Image
Kegiatan ini menarget siswa-siswi kelas 4&5 SDN Jodipan dengan harapan kedepannya mereka dapat bisa lebih bijak dalam menggunakan Media Sosial. dengan total 6 Rombongan Belajar jumlah siswa yang kami ajar kurang lebih mencapai 180 anak dengan presentase 96% dari siswa tersebut memiliki gawai pribadi di rumah masing-masing sehingga mengakibatkan presentase kemungkinan terjadinya kejahatan kriminal akibat dari mereka tidak bijak dalam menggunakan media sosial semakin besar.
Dalam kegiatan ini, siswa diberikan materi tentang pentingnya bijak bermedia sosial, yang dapat membantu mereka terhindar dari kejahatan siber dari media sosial yang mereka gunakan, selain materi, siswa juga diberikan asesmen terkait materi untuk menanamkan poin penting dalam bijak agar mereka lebih memahami konsekuensi apabila tidak bijak dalam bermedia sosial.
Hasil dari asesmen tersebut juga bertujuan untuk mengetahui seberapa paham siswa dengan pemberian materi menggunakan platform quizizz yang interaktif sehingga dapat membantu akademisi SDN Jodipan dalam menyusun materi pelajaran dengan baik, tidak hanya itu saja akademisi dapat memonitor anak didik mana yang sekiranya butuh perhatian khusus dengan begitu Kelompok 9 PMM Universitas Muhammadiyah Malang Gelombang 2 berharap bahwa dengan adanya sosialisasi ini, siswa SDN Jodipan dapat lebih bijak dalam bermedia sosial sehingga mereka terhindar dari tindak kejahatan siber.
Untitled Image